MELATIH EMPATI DIMULAI SEJAK BAYI

MELATIH EMPATI DIMULAI SEJAK BAYI





Pernah tidak bertemu dengan orang yang tidak memperdulikan kebutuhan orang lain?. Baginya, hanya kebutuhannya-lah yang harus didahulukan, setiap saat setiap waktu. Kalau saya pernah sekali. Contoh kecil, seseorang yang dengan santainya (tanpa ada alasan urgent), menyerobot antrian makanan di pesta pernikahan. Saat dia melakukan itu, org tersebut hanyalah mementingkn kebutuhannya sendiri, tanpa melihat sudah banyak orang antri dari tadi. Atau contoh besar, seorang koruptor. Mengambil uang rakyat kemudia saat akan diadili ia kabur atau menghindar. Menurut saya, ia sudah mengorbankan kebutuhan rakyat banyak demi, kebutuhan segelintir kelompok.



Semoga anak-anak kita terhindar ya menjadi pribadi seperti itu. Tentu kita ingin anak kita tumbuh dengan memahami kebutuhan dirinya tapi juga berempati pd kebutuhan orang banyak. Berita baiknya, untuk menjadikan anak kita keren seperti ini, tidak butuh sekolah mahal. Cukup kehadiran orangtuanya yang responsif pada kebutuhannya akan kasih sayang dan kebutuhan raga sejak anak BAYI. Betul sekali! Justru sejak bayi lah menjadikan anak berempati. Bukan sejak ia balita atau dini. Tetapi sejak ia LAHIR.



Ketika bayi merah yang baru lahir itu sudah pernah merasakan kebutuhannya (yg ia ekspresikan dgn tangisan) terpenuhi, atau direspon oleh ortu dgn baik, maka akan muncul apa yg disebut dengan pemahaman bahwa dunia itu baik pdnya, dunia itu aman, dan dunia itu PEDULI pd kebutuhanku. Ketika bayi setiap kali merasakan ini pada jutaan kali interaksi kita dengannya setiap hari, ia jadi paham arti: “wah enak ya jika kebutuhannya terpenuhi”. Karena ia sudah tahu bahwa ini enak rasanya, ia akan mau melakukannya juga untuk orang lain. Amat tidak mungkin kita bisa berbuat baik kalau kita tidak pernah tahu bagaimana rasanya dibaiki oleh orang lain.



Anak belajar konsep penting juga untuk merespon kebutuhan org lain dari pengalamannya sendiri ketika ia sering direspon kebutuhannya oleh orangtua. Dan ini paling utama dibentuk di 2 tahun pertama kehidupan. Jadi siap2 ya pada masa kehidupan ini. Dua tahun pertama yang amat berarti. Jika sudah lewat 2 tahun dan anak tidak pernah direspon kebutuhannya sejak baru lahir bagaimana? Jika sudah lewat 2 tahun dan anak tidak pernah direspon kebutuhannya dengn proper sejak baru lahir maka Terapi THERAPLAY mungkin yg keluarga anda butuhkan

(klik #theraplayRC utk info lebih lanjut . Psikolog Anak Devi Sani)

Posted By

0 comments