Stimulasi Kemampuan Bahasa Bayi : Say What You See

Stimulasi Kemampuan Bahasa Bayi : Say What You See



Menurut Nicola Lathey, salah seorang terapis wicara dan bahasa anak, dibandingkan kita hanya memberikan pertanyaan kepada bayi saat dia sedang bermain,akan lebih baik kita melakukan teknik say what you see..bagaimana caranya?

Saat bayi sedang bermain,berikanlah running commentary mengenai apa yang sedang anak lakukan..layaknya komentator bola yang sedang menjelaskan jalannya sebuah pertandingan bola. Misalnya si adik sedang mengambil balok warna biru lalu ditumpuk diatas balok warna kuning maka katakan "adik ambil balok biru lalu ditaruh di atas balok kuning" atau saat adik sedang memeluk boneka beruang katakan "adik peluk boneka beruang..yuk berpelukaan"

Selain dapat menstimulasi kemampuan bahasa anak, teknik ini juga dapat menumbuhkan rasa berharga dalam diri anak karena ia merasa orangtuanya memperhatikan ia dengan seksama tanpa adanya distraksi, anak juga merasa lebih relaks dan percaya diri karena tidak dalam kondisi underpressure krn hrs menjawab pertanyaan dr orangtua. Nantinya justru bayi akan lebih mau berespon interaksi dua arah dgn melakukan babbling atau berbicara kelak karena merasa tidak dipaksa untuk bicara

Yuk kita coba di rumah!
Salam,
Belinda Agustya,M.Psi.,Psikolog

Posted By

0 comments