Stimulasi Bahasa Bayi : Small Talk Techniques

Stimulasi Bahasa Bayi : Small Talk Techniques


Nicola lathey,salah seorang terapis wicara di Inggris, membuat sebuah formula yang diyakini dapat menstimulasi kemampuan bahasa bayi sejak dini yang ia sebut dengan small talk techniques. Ada 6 golden rules yang harus dilakukan oleh orangtua yaitu :
1. Lakukan percakapan dengan bayi 10 menit setiap hari secara konsisten .
.
2. Set momen untuk melakukan small talk dengan cara jauhi semua distraksi, orang tua harus fokus kepada anak dan tidak terganggu oleh gadget, matikan tv dan perangkat elektronik lainnya. Duduk bersama bayi dengan same eye level dan face to face.
.
3. Ucapkan kata dengan artikulasi yang jelas dan dimulai dengan kalimat sederhana yang terdiri dari 3 kata dulu
.
4. Jangan lelah mengulangi setiap kata yang pernah diucapkan kepada anak karena anak akan lebih mengingat kata yang terus terusan diulang dan harus konsisten dalam menggunakan kata misalnya kata perempuan jangan diganti lagi dengan kata lain bermakna sama seperti cewek atau wanita .
.
5. Selalu maju satu langkah ke depan yaitu disesuaikan dengan kemampuan bahasa anak di stiap tahapan usia. Karena stimulasi bahasa di stiap tahapan usia memang berbeda karena kemampuan bahasa bayi berkembang setiap kali usia bertambah
.
6. Katakan apa yang anda lihat yang bisa dilakukan saat main sama anak,katakan saja apa benda yang sedang anak pegang, deskripsikan apa yg sedang anak lakukan jd layaknya komentator bola yg mengawasi jalannya pertandingan bola dan memberikan deskripsi di setiap momen
.
Selamat mencoba yaa ayah bunda ????
.
.
Salam,
Belinda agustya, M.Psi.,Psikolog

Posted By

0 comments