Respon Suara yang Keluar dari Mulut Bayi

Respon Suara yang Keluar dari Mulut Bayi







Pernahkah kita mendengar berbagai suara dari mulut bayi namun kita tidak mengerti maknanya? Seperti mengatakan 'oooh' 'aah' 'uu' bababa'. Sebenarnya itu adalah tahapan perkembangan bahasa bayi, untuk nantinya bisa berbicara bahasa bermakna.
Misalnya saat awal, ia akan mengeluarkan suara yang disebut cooing. Suara yang terdiri dari huruf vokal saja, seperti 'aaa' 'uuu'. Lalu selanjutnya babbling, yang suaranya sudah lebih kompleks, seperti 'babababa'. Walaupun sama-sama belum memiliki makna, namun kita sama-sama bisa melihat ya, ada perkembangan dari cooing ke babbling. Kalau orang tua terus mengapresiasi dan menstimulasi kemajuan perkembangan bahasa bayi yang terlihat sederhana ini, nantinya akan lebih mudah untuknya mengeluarkan kata-kata yang bermakna saat seluruh organnya sudah siap.
Saat anak melakukan cooing atau babbling, orang tua dapat membantu menstimulasi perkembangan bahasa bayi. Yaitu dengan menanggapi cooing atau babbling bayi sesuai konteksnya. Misalnya setelah mandi, lalu bayi tersenyum saat dihanduki dan mengatakan 'uuu'. Orang tua dapat mengatakan 'uuuu wah adik senang ya dimandiin. Segarrr'. Atau saat digendong dan terlihat mukanya mengantuk dan ia berkata 'uu'. Orang tua dapat berkata 'uu adek ngantuk ya. Yuk bobok. Ninaa boboo. Oooh niina bobo'. .

Selain bisa menstimulasi bahasa bayi, dengan menanggapi bahasa bayi, anak pun senang karena merasa diperhatikan oleh orang tuanya saat ia mengeluarkan suara. Sehingga ikatan pun lebih terjalin positif.
Yuk dicoba, Ayah Ibu ????

Salam,
Devi Raissa, M.Psi., Psikolog

Posted By

0 comments