Mengembangkan Percakapan dengan Bayi

Mengembangkan Percakapan dengan Bayi





Sejak usia 0 bulan,ternyata kita sudah dapat mulai membangun percakapan dengan si bayi agar kelak kemampuan bahasanya dapat berkembang optimal.Bagaimana caranya?
--> dengarkan ocehan bayi hingga selesai. Setelah bayi selesai "bicara", coba tunggu dulu jika sudah tidak ada suara yang keluar dari bayi maka berikanlah komentar seperti "iya ya dek hari ini dingin yaa...makanya mama peluk kamu terus biar hangat ya sayang" buatlah komentar yang singkat dan tunggu bayi untuk kembali memberi respon. Kuncinya selalu berikan tanggapan dengan senyuman dan kontak mata sebagai tanda anda menikmati percakapan dengan si bayi.Kondisi ini akan encourage si kecil untuk terus berbicara. Di momen ini juga hindari noise yg lain seperti suara TV atau saat kakak atau adiknya bermain di sekitar anda dan bayi. Momen spt saat mengganti atau memaikan baju dan momen saat setelah makan menjadi momen yang dapat digunakan untuk bercakap dengan bayi
--> biarkan bayi meniru suara yang didengar dari orangtua,kaka,adik atau anggota keluarga yang lain, termasuk gerakan/gesture. Dengan meniru merupakan salah satu bagian penting bagi anak untuk belajar bicara.

Selamat bercerita dan bercengkrama dengan si kecil ayah dan bunda.

Salam,
Belinda Agustya,M.Psi.,Psikolog

Posted By

0 comments