Kemampuan Atensi BayiI 0-5 Bulan

Kemampuan Atensi BayiI 0-5 Bulan


Biasanya saya kalau sudah lihat instagram setelah menidurkan anak saya pasti suka keterusan. Bahkan sampai mata lelah gak karuan tapi entah mengapa selalu ingin mengklik dari instagram satu ke instagram yang lain. Mata saya bagai terhipnotis untuk terus melihat foto demi foto di instagram padahal mata sudah amat lelah tapi entah mengapa tidak bisa berhenti sampai lelah sendiri dan tertidur. Hal ini jadi membuat saya kurang efektif beristirahat dan cepat lelah. Sadar ini kebiasaan jelek, saya langsung menghentikan kebiasaan ini dan menaruh hp jauh-jauh dari tempat tidur.


Hal ini sama dengan bayi. Bayi dibawah usia 5 bulan belum punya kemampuan untuk mengalihkan perhatiannya jika ia sudah merasa bosan atau capek. Bayi akan terus menerus melihat hal yang awalnya ia sukai itu, meskipun ia sudah capek matanya. Stimulus yang awalnya ia suka jadi membuatnya overwhelmed, atau merasa kebanyakan nih stimulusnya bagi dia.

Oleh karena itu kalau menaruh gantungan di atas box bayi, pastikan bisa copot-pasang agar saat bayi mulai rewel, gantungan atasnya bisa di copot. Mengapa? Karena bayi mungkin merasa overwhelmed akibat tidak bisa berhenti melihat gantungan lucu di atas padahal ia sudah lelah dan mau berhenti melihatnya. Inilah mengapa kadang bayi sering rewel dan menangis meskipun menurut kita stimulus yang diberikan biasa saja bagi kita. Tapi belum tentu bagi bayi karena bayi 0-5 bulan belum bisa mengalihkan perhatiannya secara otomatis. Masih perlu bantuan orang sekitarnya.

Nah sekarang coba bayangkan jika stimulusnya bukan gantungan box bayi tapi video youtube yang diletakkan persis di depan mata bayi. Gantungan box bayi yang agak jauh saja bisa membuat bayi overwhelmed atau kelabakan menerima stimulus tersebut apalagi layar yang diletakkan amat dekat. Kasihan sekali jika bayi merasakan ini setiap hari. Ia akan kurang istirahat dan menjadi lebih rewel.


Devi Sani,M.Psi,Psi

Posted By

0 comments