Bahasa dan Bicara Bayi

Bahasa  dan Bicara Bayi





Di klinik kami beberapa klien memeriksakan masalah bicara dan bahasa pada anaknya. Ya betul, perlu dibedakan antara bicara dan bahasa, karena ternyata itu adalah 2 hal yg berbeda. Ada beberapa hal penting yang perlu diketahui orangtua tentang masalah komunikasi yang terjadi pada anak, antara lain:
__
1. Dalam komunikasi ada dua unsur, yaitu bahasa (language) dan bicara (speech). Bahasa itu ibarat komputer atau softwarenya sedangkan bicara itu bagaikan printer-nya. Yang sering jadi salah kaprah adalah kadang sering disamaratakan gangguan atau keterlambatan anak dalam berbicara dan berbahasa sebagai speech delay, padahal belum tentu, bisa jadi anak mengalami language delay atau disorder. Cara mengetahui anak ada masalah di "sofware komputernya" atau di "printernya" tentu perlu ahli, tapi bisa dicek awal dengan langkah di nomer 2.
__
2.Beberapa hal yang perlu dicek saat anak mulai kita curigai language delay adalah:
-Pertama cek apakah ada gangguan dalam ia meregulasi dirinya
.
-Selanjutnya cek kemampuan ia untuk mendengarkan dan mempertahankan atensi, sudah sesuai belum dengan rata-rata anak seusianya
-Kemudian cek cara anak berinteraksi dan bermain, mampukah ia melakukannya selayaknya anak-anak seusianya?
-Setelah itu, lihatlah apakah ia memahami apa yang anda ucapkan
-Lalu cek bagaimana ia mengekspresikan bahasanya
-Terakhir, periksa bagaimana bunyi bicara yang ia hasilkan (suara, irama, artikulasi,dsb)
__
3. Untuk masalah komunikasi, prinsip lebih cepat diintervensi, lebih baik, perlu diterapkan karena ada banyak sekali resiko yang bisa dialami anak jika bahasa dan bicaranya bermasalah dan bisa mempengaruhi aspek lain dalam hidupnya seperti akademis dan hubungan sosial.

Setelah memahami hal-hal tersebut pada anak, orangtua akan semakin terorganisir saat perlu untuk mengkonsultasikan kepada ahli mengenai masalah komunkasi ananda.
__
Devi Sani, M.Psi, Psi
Psikolog Anak
Sumber: Seminar oleh Sheila Hadikoesomo (Speech Pathologist)

Posted By

0 comments