Membuat Anak Mandiri Lewat Menenangkan Saat Ia Tidak Nyaman

Membuat Anak Mandiri Lewat Menenangkan Saat Ia Tidak Nyaman

Pernah mendengar wejangan-wejangan seperti : 'anak jangan digendong terus, nanti bau tangan' 'Anak tuh jangan langsung diturutin maunya apa, nanti jadi manja 'Udah kalau anak nangis diemin aja, nanti juga diem sendiri' dan kalimat-kalimat serupa.
Nah ternyata berbeda dengan anggapan-anggapan yang ada, seperti yang termuat dalam buku 'Baby Books', bahwa memenuhi kebutuhan anak dan menenangkan saat ia merasa tidak nyaman dapat membuat anak mandiri, alih-alih tidak mandiri atau manja.
Hal tersebut karena anak merasakan kenyamanan saat ia terpenuhi kebutuhannya. Ia merasa dunia dapat dipercaya. Sehingga ia tidak perlu was-was, panik, waspada, pada dunia ini. Ia lebih mampu dan percaya diri untuk mengeksplorasi dunia. Karena ia tahu saat ia salah atau tidak kuat, akan ada orang-orang yang mendukungnya. Orang yang menguatkan dan dapat ia percaya sejak ia bayi. Yang membuatnya memiliki modal yang cukup untuk menjadi anak yang mandiri nantinya.
Sama saja seperti kita orang dewasa, jika kita memiliki pasangan yang mendukung kita sepenuh hati. Kita justru semakin kuat dan percaya diri untuk meraih mimpi, karena pasangan akan selalu mensupport kita untuk meraih mimpi, alih-alih jadi ketergantungan dan tidak berdaya bersamanya, bukan?
Selamat memberdayakan anak sedari dini. Dengan memberikan ia rasa nyaman sedini mungkin saat ia butuhkan.
Salam, Devi Raissa, M.Psi., Psikolog

Posted By

0 comments