Arti Kehadiran Orangtua Bagi Bayi

Arti Kehadiran Orangtua Bagi Bayi
ARTI KEHADIRAN ORANGTUA BAGI BAYI-

Penelitian oleh Joanna Maselko tahun 2009 menunjukkan bahwa bayi yang mendapatkan afeksi,kasih sayang, dan penenangan lebih dari orangtua mereka tumbuh menjadi orang dewasa yang lebih relaks, bagus regulasi emosinya dan lebih bahagia. Bahkan, mereka lebih baik dalam meregulasi berat badan mereka saat dewasa.



Wow, menurut saya penelitian di atas amatlah berharga. Jika ingin tahu lebih lengkapnya bisa dilihat disini: “Joanna Maselko, “Mother’s Affection at 8 Months Predicts Emotional Distress in Adulthood,” Journal of Epidemiology and Community Health (2010), http://jech.bmj.com/content/early/2010/07/07/jech.2009.097873.abstract.” Ini sumber penelitiannya. Perlu juga tiap baca infografis di ig, jeli utk melihat sumbernya agar terhindar dari berita hoax ya ibu-ayah???? Oke kembali lagi ya pada bahasan tentang #perkembanganemosibayi . Kalau dari penelitian Maselko di atas, kita tidak perlu takut ya tentunya untuk memberikan bayi kita kasih sayang lebih. Bahkan lebih dari rata-rata orangtua lain.



Jika orangtua A memberi afeksi ke bayinya 10, kita perlu memberi afeksi kepada bayi kita 20 karena banyak afeksi pada bayi justru akan meningkatkan kemampuan dia untuk meregulasi emosinya sampai dewasa. Bunda-ayah yg sudah jadi member #parentingwebinarclub pasti sudah tahu alasannya kenapa karena banyak video penjelasan ttg mengapa mitos bau tangan itu berbahaya jika dilakukan dan mengapa bayi yang justru sering ditenangkan malah akan tumbuh jadi anak yang bagus regulasi emosinya❤️❤️


Sewaktu kita berespon cepat saat bayi menangis, bayi jadi belajar bahwa dunia ini adalah tempat yang aman dan ia bisa percaya bahwa orangtuanya berespon saat ia butuh. Bayi yang dibiarkan menangis hingga tertidur memang akan menjadi berhenti nangisnya, tapi bukan krn ia sudah tenang tapi lebih karena bayi kelelahan menangis. Bayi tsb masih dipenuhi hormon stress, yang mana hormon strees ini akan "membentuk" otaknya agar menjadi lebih sensitif emosinya. Perlu dipahami dan diingat : "Bayi yang terbiasa dibiarkan menangis memang lama-lama akan jadi bayi "anteng". Tapi antengnya anteng yang bahaya kalau ini karena bayi tersebut sudah terlanjur belajar bahwa sia-sia untuk menangis karena toh tidak akan ada yang menolong dia. Bayi ini masih dalam keadaan stress sebenarnya, tapi tetap anteng karena bayi sudah belajar bahwa menangis utk meminta tolong adalah hal yang sia-sia."
Wah sedih sekali yaa menjadi bayi begitu. Rasanya pasti sepi di tengah keramaian. Semoga bayi kita tidak begitu ya. Bahasan tentang emosi bayi amat banyak saya kupas tuntas dalam #parentingwebinarclub. Gabung di club kami yaa biar bisa nontong banyak video seputar tumbuh kembang anak dan selalu jadi orangtua yg update. Siapa bilang jadi orangtua gak ada sekolahnya?. Di #parentingwebinarclub tempatnya update ilmu ttg anak kita tanpa mahal dan tanpa merasa digurui karena yg kita share semuanya adalah fakta ilmiah ttg tumbuh kembang bayi dan anak dari psikolog, dokter, ahli lain. Setiap bulan ada 2 video parenting dgn judul baru loooh! Gak ada lagi nyesel melewatkan usia anak karena gak tau ilmunya! ????????

Posted By

0 comments