Perlakuan Pada Bayi Di 1000 Hari Pertama

Perlakuan Pada Bayi Di 1000 Hari Pertama

Perlakuan orang disekeliling bayi di 1000 hari pertama kehidupannya amatlah penting. Kenapa? Karena pada masa inilah sistem-sistem syaraf berkembang pesat dan dibentuk oleh pengalaman-pengalaman bayi.


Selama masa ini, perilaku orangtua amatlah penting. Bagaimana cara kita memperlakukan bayi akan sangat mempengaruhi bagaiman emosi bayi nantinya. Apakah ia akan cenderung menjadi anak yang mudah tenang, mudah marah, sensitif, dsb.


Cara kita berespon pada bayi sebenarnya awal cara kita "mengajarkan" tentang apa sih emosi yang dia miliki itu sebenarnya dan bagaiman me-manage-nya.


Di masa awal kehidupannya, bayi amat bergantung pada orang lain untuk memberikan rasa aman dan nyaman pada diri mereka sendiri. Namun perlahan demi perlahan jika bayi direspon dgn cara yang menenangkan, bayi lama-kelamaan belajar dan makin paham bagaimana itu "tenang", apa rasanya ditenangkan.


Jika orangtua responsif dengan kebutuhan bayi di masa awal kehidupannya, hal ini akan membuat bayi menjadi bayi yang lebih tenang lama -kelamaan. Tidak hanya itu, di usia balitanya nanti, anak juga cenderung menjadi anak yg tidak mudah marah dan lebih cepat tenang, mudah diajak berkompromi. Sehingga, kita perlu berhati-hati yaa jika kita sering mengabaikan bayi kita. Yuk responsif pada kebutuhan bayi.


Psikolog Anak Devi Sani

Posted By

0 comments