Mengelola Emosi Sejak Bayi

Mengelola Emosi Sejak Bayi
Pernah tidak merasakan saat kita sedang galau kok tiba-tiba bayi kita juga rewel ya, padahal kita biasa saja dalam menghadapi bayi kita bahkan lembut. Ternyata menurut penelitian yg ada pada buku psikolog Dr.Laura Markham, hormon stress pada bayi meningkat sebagai respon dari suara marah, termasuk yang bayi dengar dari TV-walaupun bayi sedang tidur.


Sedangkan suara menenangkan, kontak mata yang mencintai, dan pelukan yang aman memberikan bayi pesan bahwa dunia adalah tempat yang aman dimana ia bisa mulai percaya dan rileks. •
Jadi, bayi pada intinya "mengambil" emosi dari lingkungannya. Jika lingkungan yg ia tempati tidak menenangkn bayi, otaknya akan merekam hal tersebut dan bayi akan selau merasa seperti dalam bahaya, seperti deg-degan.


Nah siapa yang bisa belajar ya kalau dalam keadaan deg-degan dan cemas terus-menerus? Begitu juga bayi, ia tidak mungkin bisa mulai belajar ttg apa saja jika dalam keadaan tidak percaya pd lingkungannya. Nah bgmn agar bayi percaya pd lingkungan? Di awali dgn orangtua yang memberikan reassurance secara konsisten bahwa bayi aman bersama orangtua. Sekarang sharing yuk, kalau ibu-ayah disini menenangkan bayinya dengan cara apa?

Posted By

0 comments