Arti Senyum Bayi

Waktu anak-anak saya baru lahir, sehari-hari saya memandang wajahnya, memegang tangan mungilnya, tersenyum, menyanyikan lagu, mengelus-elus pipi atau telapak kakinya, menantikan saat-saat ia tersenyum. Kapan ya dia akan tersenyum pada saya? Dan ketika saat itu tiba, melihat bayi saya tersenyum untuk pertama kali rasanya memuaskan dan membahagiakan sekali. Apalagi kalau tersenyumnya pada saya. Rasanya pengen terus-terusan liat dia tersenyum.

Kapan sih bayi mulai tersenyum? Ternyata pada bulan pertamanya, bayi mulai dapat bereksperimen dengan senyum spontan (reflex) yang bukan merupakan suatu bentuk interaksi dengan lingkungan. Lalu di bulan kedua, reflex bayi tersebut mulai berubah menjadi senyum yang berarti tanda senang atau interaksi dengan lingkungan (orangtua atau caregiver).

Mulai sekitar bulan keduanya inilah bayi mulai menemukan bahwa ternyata senyumannya merupakan media komunikasi dengan lingkungan, serta bisa membuatnya mendapatkan perhatian lebih dari orangtua/pengasuh, dimana orangtua juga akan tersenyum padanya dan hal ini membuatnya merasa nyaman. Engangement antara bayi dan orangtua melalui senyum inilah yang selanjutnya membantu perkembangan otaknya secara positif.

Wah, menyenangkan sekali ya Ayah Ibu. Hehe.. jadi, sudahkah bermain dengan anak dan membuat mereka tersenyum hari ini????

Salam,
Sishi Semet, M.Psi, Psikolog Anak

Posted By

0 comments