Teknik Stimulasi Bahasa Sederhana

Kisah mama yang telaten “memancing” anaknya untk bicara dan Arsya (1 tahun 8 bulan). πŸ‘ΆπŸ»: (memandang bonekanya di atas meja. Berpikir bahwa ia tidak bisa mengambilnya karena meja tinggi.) πŸ‘©πŸ»: (mama menyaksikan dari dekat. Menahan diri dari menolongnya. Menunggu hingga Arsya berinisiatif berkomunikasi meminta tolong) πŸ‘ΆπŸ»: (mulai bersuara seperti minta tolong) “Bill....bill...bill” (maksudnya ambil) πŸ‘©? [...]

Tenangkan Diri Sebelum Tenangkan Anak

Kalau anak sedang tantrum, rasanya jadi ingin ikutan senewen juga ya? Akhirnya bisa jadi ujung-ujungnya malah memarahi anak, nangis sendiri karena merasa tidak kompeten dalam mendidik anak, atau justru mendiamkan tapi dengan perasaan yang mendongkol. . 
Nah hal tersebut dapat dihindari dengan TIDAK fokus pada solusi untuk secepatnya mendiamkan anak yang sedang tantrum. Apalagi kalau kejadiannya di temp [...]

Dialog Saat Kakak Menolak Kehadiran Adik Baru

Berikut contoh dialog konkrit menenangkan kakak Arka (5 tahun) di hari bunda-ayah akan memberi tahu (Awali seminggu sebelumnya dengan membacakan buku-buku tentang punya adik baru): . πŸ§”πŸ»: “Arka mau jadi kakak nih. Bayinya tumbuh di dalam perut mama sekarang. Nanti kita akan tunggu lamaaaaa sekali, baru deh bayinya siap keluar” πŸ‘¦πŸ»:”Mana bayinya?” πŸ§”πŸ»:” Nanti masih lama. Nanti perut mama besarrrr terus [...]

Dialog Saat Kakak Pilih Kasih

Kisah Aidan (7tahun) dan ibu yang selalu memakai logika dan mengabaikan perasaan. . . πŸ§‘πŸ»: “Mah, mama mah gitu gak pernah baik sama aku. Ade terus yang diperhatiin.“ πŸ§•πŸ»:”Mama pasti baiklah sama kamu. Kapan mama gak pernah baik. Mama sama aja kok sayangnya gak pernah beda-bedai..” πŸ§‘πŸ»:”Ah!! Mama gitu” πŸ§•πŸ»:”Udah tidur aja sana” Lihat, di atas orangtua seringkali buru-buru mau defense atau memberi nasehat [...]

Anak Merasa Dimengerti Dengan Kalimat Ini

Banyak orangtua mengira bahwa merefleksi perasaan anak berarti kita setuju dengan perasaan anak itu. Padahal tidak begitu. Merefleksi perasaan anak adalah skill penting yang wajib dimiliki orangtua dan masih jarang di beritahukan pada pelatihan-pelatihan parenting di Indonesia. . Merefleksi perasaan anak menunjukkan bahwa sebenarnya kita memahami perasaan anak meskipun kadang kita tidak setuju dengan p [...]

Dialog Saat Anak Memukul Kita

Kenzie (2,5thn) mau sesuatu. Mama melarang. Kenzie mulai marah sekali dan mau memukul mama.  πŸ‘©πŸ»: (Menahan tangan Kenzie yang sudah mau memukul kepala mama dan bicara tegas tapi tenang) “Tidak pukul. Mama sakit” πŸ‘ΆπŸ»:(Menendang mama) πŸ‘©πŸ»:”AWW!”(mulai emosi) πŸ‘©πŸ»:”Kenzie, kenzie marah mama larang. Boleh marah tapi NO pukul” πŸ‘ΆπŸ»:(Malah semakin marah dan mau pukul) πŸ‘©πŸ»: (Menjauh agar tidak terpukul. Menari [...]