Anak Dan Negosiasi

Halo ayah bunda! Di beberapa post kami terakhir,kami mencoba memberikan alternatif kepada ayahbunda untuk memperkenalkan konsep bergiliran dibandingkan konsep berbagi. . . Pertanyaan berikutnya yg biasanya akan muncul adalah: Kalau anaknya ngamuk,marah atau ngerengek krn nggak mau nunggu giliran maka harus bagaimanaah?? 😂😂 . . Sebenarnya anak sdh bisa diajarkan teknik dasar negosiasi sejak dini lhoo.. Tu [...]

Ketika Anak Dipaksa Berbagi

Sebenarnya ini pengalaman pribadi saya juga dengan kakak saya yg jarak usia gak jauh beda.. Karena jaraknya hanya setahun, ya walhasil apa apa slalu jd rebutan deh,apalagi sama sama cewe 😅 kalau udah berantem pasti heboh.. Sampai suatu momen, kita sudah sama sama besar, seingat saya sdh kuliah waktu itu.. Kakak saya adu argumen dgn mama saya dan tiba tiba terucap kalimat spt ini: " selalu adek y [...]

Balita Dan Bergiliran

Ternyata balita lebih memahami konsep bergiliran dibandingkan berbagi lohh ayah bunda.. Akan lebih baik meminta adik untuk menunggu kakak yang sedang asik bermain mobilan sampai kaka selesai bermain dan "merelakan" mobilannya untk dimainkan adik dibandingkan memaksa kakak untk berbagi mainannya saat itu juga Langkah awal untuk mengenalkan konsep bergiliran ini dpt diawali dgn membuat ATURAN K [...]

Mixed Parenting

Pernah ada yg berada di posisi mixed parenting?? 😂☝️☝️ Itu loh ayahbunda kondisi dimana pengasuhan ayah bunda bercampur dengan pengasuhan kakek nenek, kalau masih satu visi misi sih aman yaa tapi kalau beda gaya gimana yah? 😂 Inipun terjadi pada ponakan saya. Kalau gaya pengasuhan mamanya (kakak saya) sebenarnya tegas dan konsisten (sbnrnya cenderung galak sih 🙈) sedangkan eyangkung dan tinya cende [...]

Kapan Sebenarnya Anak Mulai Bisa Berbagi?

Kapan anak seharusnya sudah bisa berbagi? Meskipun sudah pernah dijelaskan, tapi saya ingin menekankan lgi nih bahwa sesungguhnya kemampuan berbagi dengan ikhlas itu sebenarnya baru bisa dimiliki oleh anak usia Sekolah Dasar ke atas. Itu pun baru terbentuknya. . Pada anak usia 2 thn, jika ia disuruh berbagi, secara tahapan perkembangan, ia belum siap untuk melakukan hal tersebut. Kemampuan altruistic ( [...]

Mengapa Anak Saya Tidak Mau Berbagi HANYA Kepada Adiknya?

Terkait feed kami sebelumnya tentang "Betulkah kakak harus selalu mengalah?" (atau klik  #kakakmengalahrc ) maka kita perlu mengevaluasi lagi: bgmn respon ortu ketika kakak adik terlibat dalam kondisi dmn mereka hrs berbagi?apakah kakak hrs selalu mengalah? Apakah ortu slalu meminta kakak memahami bahwa adik msh kecil jd kakak yg hrs "berkorban"? Jika ini yg terjadi maka sbg konsekue [...]